Kamis, 13 Januari 2022

Konsep Pemasaran dan Promosi Bisnis

KONSEP PEMASARAN DAN PROMOSI BISNIS

KONSEP PEMASARAN

Konsep pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kegiatan yang diarahkan guna memuaskan kebutuhan serta keinginan melalui proses pertukaran.

Kotler dan Armstrong beropini bahwa konsep marketing merupakan suatu konsep yang berfokus pada keinginan serta kebutuhan konsumen. Konsep ini lebih condong kepada perasaan serta tanggapan apa yang diperlukan konsumen. Sementara itu, menurut Kotler dan Ketler konsep ini cenderung berfokus pada outside-in perspektif yakni pemahaman kebutuhan konsumen paling tepat.

Tujuan Konsep Pemasaran untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan. Misalnya, bagi perusahaan swasta konsep semacam ini bertujuan untuk mencari laba sebanyak-banyaknya. Sementara itu, bagi suatu organisasi waralaba konsep ini bertujuan guna mengumpulkan cukup dana demi melaksanakan kegiatan mereka.

Namun secara umum tujuan dari konsep marketing dapat dikategorikan ke dalam tujuh jenis. Ketujuh tujuan tersebut diantaranya ialah untuk melakukan analisis konsumen, peningkatan penjualan, perencanaan penjualan, penetapan harga produk barang atau jasa, pendistribusian, riset pemasaran serta untuk menganalisis peluang.


PROMOSI BISNIS

konsep promosi adalah sebuah gagasan atau ide sebagai bentuk usaha untuk menawarkan produk atau jasa yang betujuan untuk menarik konsumen agar mau membeli atau mengonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan. Konsep promosi dapat diartikan juga sebuah strategi promosi.

Strategi Promosi Agar Tepat Sasaran

1. Inovasikan Produk Anda

    Agar produk bisnis Anda dapat menarik perhatian konsumen, hal yang mesti dilakukan adalah mengembangkan bisnis dengan lebih baik dan yang perlu Anda tahu, bukanlah masalah besar saat produk yang Anda jual sama dengan pebisnis lain. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara Anda supaya produk memiliki ciri khas dan perbedaan dengan produk lawan bisnis. Sebuah inovasi tidak harus sebuah penemuan baru melainkan dapat juga berupa kombinasi baru untuk menciptakan produk yang unik dan beda.

2. Gunakan Semua Platform

    Menggunakan semua platform media sosial sebagai ajang promosi produk. Promosi yang dilakukan harus dilakukan secara konsisten agar konsumen ingat terus dan tidak lupa dengan produk Anda. Dengan muncul terus di media sosial, besar kemungkinan produk Anda akan menjadi pembicaraan banyak orang.

Di media sosial pun, promosi harus dilakukan dengan tepat sasaran. Anda harus menargetkan pasar atau tujuan produk kita itu untuk siapa. Misalnya, Anda akan berjualan produk kosmetik, maka promosi ditujukan kepada seorang wanita berbagai usia. Bisa dari kalangan remaja atau pun wanita dewasa.

Strategi Agar Konsumen Menjadi Pembeli Setia

1. Ramah terhadap pelanggan

2. Lakukan pendekatan dengan konsumen

3. Menawarkan sebuah program



Tidak ada komentar:

Posting Komentar